Fakta tentang Stick Golf Forged irons vs Cast irons

Fakta tentang Stick Golf Forged irons vs Cast irons

Pada tulisan kali ini saya kan menjelaskan perbedaan antara Stick Golf forged iron set dan cast iron set. Banyak sekali perdebatan tentang kedua jenis logam Stick Golf iron set ini. Beberapa pemain golf menganggap bahwa Stick Golf forged iron set lebih empuk untuk digunakan, beberapa lagi menganggap bahwa Stick Golf cast iron set diperuntukkan bagi pemain pemula. Perdebatan ini selalu ramai dibicarakan di forum-forum golf online.

Pertama-tama saya akan menjelaskan definisi forged iron. Forged iron adalah sebuah proses pembuatan dimana iron dari  dibentuk dari sebuah logam yang solid yang kemudian ditempa/forged dan dipress sedemikian rupa sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan cast iron adalah proses pembuatan iron menggunakan logam cair lalu dimasukkan ke dalam cetakan agar dapat berbentuk iron head.

Berikut adalah beberapa mitos tentang Stick Golf forged dan cast iron :

Mitos 1 : Forged Iron hanya unuk pemain berhandicap rendah

Hal ini sangat sering dibicarakan diantara para golfer bahwa forged iron hanya untuk mereka yang pro dan cast iron adalah untuk pemain pemula. Meskipun mitos ini tidak benar namun hal ini ada benarnya juga. Kita harus melihat ke konsep dasar forged yaitu logam utuh yang ditempa dan dipress dengan kekuatan yang besar agar mendapatkan bentuk club head yang diinginkan. Proses ini sangat rumit sehingga agak susah untuk menambahkan cavity pada club head yang akan membuat tingkat forgiveness lebih tinggi. Memang sudah ada beberapa produk Stick Golf forged iron yang mempunyai cavity sehingga dapat membantu forgiveness. Berbeda dengan cast iron yang dibentuk dari logam cair, proses ini akan lebih mudah untuk membuat cekungan atau cavity yang lebih dalam agar dapat menghasilkan pukulan yang lebih jauh. Karena hal tersebut maka banyak yang beranggapan bahwa cast iron diperuntukkan bagi mereka yang pemula.

Mitos 2 : Forged iron terasa lebih “soft”
Mitos kedua bahwa forged iron akan terasa lebih lembut di tangan pada saat impact. Hal ini kembali lagi kepada proses forging dimana proses ini akan menghasilkan club dengan bentuk yang lebih kompak, desain cavity yang tidak terlalu dalam dan juga offset yang tipis. Hal ini akan berdampak pada feel yang dihasilkan saat impact. Sedangkan Stick Golf cast iron lebih kepada club game improvement yang menekankan pada perbaikan arah bola saat impact. Game improvement club akan membuat bola melesat lebih jauh dan lebih forgiving. Namun tidak begitu memperhatikan feel pegolf. Sebenarnya yang membuat feel lebih lembut pada saat impact adalah geometri dari bentuk club itu sendiri. Tapi bukan berarti forged iron mempunyai geometri yang lebih baik dari Stick Golf cast iron. Hal ini terbukti pada saat beberapa pemain professional melakukan test dengan mata tertutup. Mereka tidak dapat membedakan mana forged iron dan mana yang cast iron. Karena kedua club tersebut dibuat dengan geometri yang mirip.

Inti cerita kali ini adalah, jangan terjebak pada bagaimana proses iron itu dibuat. Setiap pemain mempunyai gaya dan swing yang berbeda. Cari tahu apa yang paling anda butuhkan. Fokus pada pemanfaatan CG/Center of Gravity, feel, forgivness dan kemampuan untuk mengolah bola. Cobalah kedua jenis club tersebut dan putuskan mana yang terbaik untuk anda.

Bila anda membutuhkan Stick Golf iron forged maupun cast dapat menghubungi kami di WA 0817263677. Kami memiliki club baru maupun club bekas dengan kondisi yang sangat baik. Selamat berlatih!

Originally posted 2016-08-27 17:14:13. Republished by Blog Post Promoter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *